Langsung ke konten utama

4 English Skills Part I


TEACHING READING
Mengajarkan Membaca


Oleh: Wasimin, S.Pd, M.Pd.

  1. Perhatikan soal-soal yang selalu muncul di dalam Ujian Nasional (UN), seperti:
a.       Passive voice
b.      Modal
c.       Conditional sentence
d.      Tenses
e.       Conjunction
f.        Transitional words, etc.
  1. Usahakan tutor dapat membuat daftar materi soal UN berdasarkan jenis-jenis dan pengerjaannya.
  2. Meningkatkan kuantitas dan kualitas kosa kata siswa melalui membaca keras atau lantang (enlarging vocabulary).
  3. Proses pembelajaran dapat diarahkan kepada soal-soal dalam Ujian Nasional (UN).
  4. Kemampuan siswa untuk menterjemahkan teks bahasa Inggris harus ditingkatkan.
  5. Terdapat sebagian besar kalimat-kalimat bahasa Inggris didominasi oleh bentuk noun phrase.
  6. Tutor harus mampu mengajak peserta didik untuk mampu memilah atau menentukan part of speech ataupun jabatan kata-kata dalam sebuah kalimat.
Contoh: A  beautiful  lovely  student  runs
             Ar.    Adj.       Adj.      N          V          
                                    S                         P
Catatan:
a.       Ar. : Article
b.      Adj.: Adjective (kata sifat)
c.       N   : Noun (kata benda)
d.      V   : Verb (kata kerja)
e.       S    : Subject (Pelaku)
f.        P    : Predicate (sesuatu yang dilakukan oleh pelaku)      
  1. Untuk memahami sebuah teks atau bacaan, grammar adalah sebuah ilmu wajib bagi siswa yang harus dipelajari agar dapat menerjemahkan teks bahasa Inggris dengan baik (well translation).
  2. Pembentukan kata-kata:
a.       agree – disagree
b.      conclude – conclusion
c.       able – unable – enable

Kesimpulan (Inferences)
  1. Lakukan yang terbaik (do the best)
  2. Kosa kata sangat penting dalam pemahaman teks (vocabulary is important and don’t forget it anyway)
  3. Pemahaman kontekstual teks (contextual meaning all the time)
  4. Ajarkan grammar yang mengacu pada soal UN (teach grammars dealing with National Exam.)
  5. Jemput bola.



TEACHING WRITING
Mengajarkan Menulis


Oleh: Drs. Yoyo Dwijatmiko, S.H.

Proses-proses menulis:
1.     Planning
2.     Drafting
3.     Editing (reflecting and revising)
4.     final product

Proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) writing:
1.     Membuat rencana
2.     Membuat draf dan mengkoreksinya
3.     Tutor menghampiri peserta didik dan merespon tulisan mereka
4.     Pemanfaatan waktu yang tersedia secara efektif.

Prinsip-prinsip mengajarkan menulis (writing):
1.     Fasilitasi kebutuhan peserta didik dalam menulis
2.     Berikan kesempatan sebesar-besarnya kepada peserta didik untuk berltih menulis secara berkala
3.     Berikan penjelasan yang mudah dipahami oleh peserta didik

Latihan-latihan untuk meningkatkan kemampuan menulis:
Latihan ini dibagi dalam dua bagian.
Bagian I: Punctuation
1.     Penggunaan huruf besar yang benar
2.     Penggunaan singkatan-singkatan yang benar
3.     Penempatan tanda tanya yang benar
4.     Penggunaan ungkapan perasaan yang benar
5.     Penempatan tanda koma yang benar
6.     Penempatan tanda petik yang benar
7.     Penempatan tanda ungkapan langsung (“….”) yang benar
8.     Penggunaan tanda kurung yang benar
9.     Penggunaan tanda strip (-) yang benar
10. Penggunaan tanda titik dua (:) dan titik-koma (;) yang benar

Bagian II: Konteks menulis fungsional
1.     Peserta didik mampu membuat postcard
2.     Peserta didik mampu membuat notes atau message
3.     Peserta didik mampu membuat undangan
4.     Peserta didik mampu membuat cerita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

A DESCRIPTIVE STUDY ON LOCUTION, ILLOCUTION AND PERLOCUTION ACTS IN THE EFFECTIVE AND EFFICIENT ROLE-TAKING IN ENGLISH-SPEAKING MEETINGS (Pragmatics Analysis in Speaking III Academic Year of 2009-2010) Graduating Paper Submitted to the Board of Examiners in Partial Fulfillment of the Requirement for the Degree of Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I) in the English and Educational Department By: Noor Sahid Kusuma Hadi Manggolo 113 07 069 ENGLISH AND EDUCATIONAL DEPARTMENT STATE ISLAMIC STUDIES INSTITUTE (STAIN) OF SALATIGA 2011 MOTTO ”Finding as much as possible friends and avoiding as much as possible opponents” ”A thousand old men are only able to dream, a young man is able to change the world” (Ir. Soekarno) DEDICATION I would like to dedicate this research for Who guide, teach and help me in any occasions: 1. Allah subhanaHu wa ta’ala, the most gracious and the most merciful, 2. Muhammad (peace be upon him), the best of mankind, I try to follow your way, you are

Locution, Illocution and Perlocution Acts (Chapter I)

CHAPTER I INTRODUCTION A.           Background of the Study For several people, meeting is one of annoying moments in their life. In any occasions, such as routine, accidental and other kinds of meeting, for instance formal and informal meeting that most of them often cause the arguments fight, tricks and tactics from each other to influence the meeting participants. Moreover, the disagreement or conflict regularly occurred here, because of misunderstanding and misinterpretation of the language meaning used in the meetings. For that reason, a leader needed in such meeting who is able to handle those problems in order to reach a conducive, effective and efficient meeting. But it is not easy enough to do, neither a leader who master all of meeting materials nor he or she must be able to manage several “critical minds” within one space. As well as another thing important which common being a principle thing in a meeting is the certain language use. This is not everyday langu
          MODUL BAHASA INGGRIS           KATA PENGANTAR Penulis Alhamdulillah, segala puji bagi Allah swt, Tuhan semesta Alam, berkat rahmat, hidayah serta inayah-Nya penulis dapat menyelesaikan Modul Bahasa Inggris Program Kesetaraan Kejar Paket C ini dengan lancar. Modul ini disusun sebagai alat bantu tutor/pengajar, peserta didik/diklat sekaligus bagi para pelaku pendidikan di program Kesetaraan kelompok belajar (Kejar). Penulisan modul ini didasari pada kebutuhan pelaku