TEACHING READING
Mengajarkan
Membaca
Oleh:
Wasimin, S.Pd, M.Pd.
- Perhatikan soal-soal yang selalu muncul di dalam Ujian Nasional (UN), seperti:
a.
Passive voice
b.
Modal
c.
Conditional sentence
d.
Tenses
e.
Conjunction
f.
Transitional words, etc.
- Usahakan tutor dapat membuat daftar materi soal UN berdasarkan jenis-jenis dan pengerjaannya.
- Meningkatkan kuantitas dan kualitas kosa kata siswa melalui membaca keras atau lantang (enlarging vocabulary).
- Proses pembelajaran dapat diarahkan kepada soal-soal dalam Ujian Nasional (UN).
- Kemampuan siswa untuk menterjemahkan teks bahasa Inggris harus ditingkatkan.
- Terdapat sebagian besar kalimat-kalimat bahasa Inggris didominasi oleh bentuk noun phrase.
- Tutor harus mampu mengajak peserta didik untuk mampu memilah atau menentukan part of speech ataupun jabatan kata-kata dalam sebuah kalimat.
Contoh: A beautiful lovely
student runs
Ar.
Adj. Adj. N
V
S P
Catatan:
a.
Ar. : Article
b.
Adj.: Adjective (kata sifat)
c.
N : Noun (kata benda)
d.
V : Verb (kata kerja)
e.
S : Subject (Pelaku)
f.
P : Predicate (sesuatu yang dilakukan oleh pelaku)
- Untuk memahami sebuah teks atau bacaan, grammar adalah sebuah ilmu wajib bagi siswa yang harus dipelajari agar dapat menerjemahkan teks bahasa Inggris dengan baik (well translation).
- Pembentukan kata-kata:
a.
agree – disagree
b.
conclude – conclusion
c.
able – unable – enable
Kesimpulan (Inferences)
- Lakukan yang terbaik (do the best)
- Kosa kata sangat penting dalam pemahaman teks (vocabulary is important and don’t forget it anyway)
- Pemahaman kontekstual teks (contextual meaning all the time)
- Ajarkan grammar yang mengacu pada soal UN (teach grammars dealing with National Exam.)
- Jemput bola.
TEACHING WRITING
Mengajarkan
Menulis
Oleh:
Drs. Yoyo Dwijatmiko, S.H.
Proses-proses menulis:
1.
Planning
2.
Drafting
3.
Editing (reflecting and
revising)
4.
final product
Proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) writing:
1.
Membuat rencana
2.
Membuat draf dan mengkoreksinya
3.
Tutor menghampiri peserta didik
dan merespon tulisan mereka
4.
Pemanfaatan waktu yang tersedia
secara efektif.
Prinsip-prinsip mengajarkan menulis (writing):
1.
Fasilitasi kebutuhan peserta
didik dalam menulis
2.
Berikan kesempatan
sebesar-besarnya kepada peserta didik untuk berltih menulis secara berkala
3.
Berikan penjelasan yang mudah
dipahami oleh peserta didik
Latihan-latihan untuk meningkatkan
kemampuan menulis:
Latihan ini dibagi dalam dua bagian.
Bagian I: Punctuation
1.
Penggunaan huruf besar yang
benar
2.
Penggunaan singkatan-singkatan
yang benar
3.
Penempatan tanda tanya yang
benar
4.
Penggunaan ungkapan perasaan
yang benar
5.
Penempatan tanda koma yang
benar
6.
Penempatan tanda petik yang
benar
7.
Penempatan tanda ungkapan langsung
(“….”) yang benar
8.
Penggunaan tanda kurung yang
benar
9.
Penggunaan tanda strip (-) yang
benar
10. Penggunaan tanda titik dua (:) dan titik-koma (;) yang benar
Bagian II: Konteks menulis fungsional
1.
Peserta didik mampu membuat postcard
2.
Peserta didik mampu membuat notes
atau message
3.
Peserta didik mampu membuat
undangan
4.
Peserta didik mampu membuat
cerita.
Komentar
Posting Komentar